pengertian shareware

Pengertian Shareware dan Contoh Aplikasi Shareware

Diposting pada

Pengertian shareware dan contoh shareware. Dalam dunia Internet, penggunaan teknologi sangatlah pesat, diantaranya adalah penggunaan software atau perangkat lunak. Didalam perangkat lunak sendiri ada yang namanya lisensi sebuah ijin.

Nah lisensi ini dibagi lagi menjadi beberapa jenis, diantaranya ada Open source, Freeware, dan shareware. Dimana jenis-jenis lisensi tersebut memiliki sistem kerja yang berbeda, contohnya jika freeware bebas digunakan oleh siapa saja dengan batasan tertentu.

Baca lebih lanjut: Pengertian freeware dan contohnya.

Dan Open source yang bebas digunakan dan di modifikasi kode yang ada didalam software tersebut, contohnya Linux.

Tapi ktia tidak akan membahas lebih dalam tentang lisensi tersebut, melainkan akan membahas mengenai apa itu shareware.

Pengertian Shareware

Pengertian shareware adalah sebuah software yang bisa digunakan secara gratis oleh setiap orang dengan memiliki batasan waktu. Atau bisa dikatakan shareware ini adalah software gratis (Trial), misalnya kita download aplikasi yang dapat digunakan secara gratis, namun hanya 30 hari saja.

Setelah itu kita diharuskan membeli produk tersebut untuk dapat menggunakan fitur yang ada, jika tidak membelinya maka kita tak dapat menggunakannya. Inilah yang dinamakan dengan shareware atau software gratis dalam beberapa hari saja (Trial).

Jika dibandingkan dengan software berlisensi lainnya, shareware ada keuntngannya tersendiri, yaitu pengguna mendapatkan pengalaman menggunakan software tersebut. Tanpa harus membelinya terlebih dahulu.

Contoh software Shareware

 

Ada banyak sekali software shareware yang kita gunakan sehari-hari, misalnya saja IDM (Internet Downlaod Manager). Dimana aplikasi ini dapat digunakan secara gratis dalam rentan beberapa hari saja. Setelah masa uji coba berakhir, maka kita akan diminta membeli lisensinya agar dapat menggunakan software tersebut.

Contoh kedua adalah Coreldraw, hampir semua siswa menggunakan aplikasi ini. Jika kita perhatikan, ketika mendownload aplikasi ini kita akan diminta memasukan kode serial agar bisa menggunakan aplikasi ini selamanya.

Namun ketika kita tidak punya atau belum membelinya, kita tetap dapat menggunakan corel draw, namun hanya beberap hari saja (trial). Misalnya saja 30 hari, setelah itu harus membeli lisensinya.

Winrar, yang merupakan aplikasi untuk melakukan extrac dalam bentuk file, yang sangat berguna untuk berbagi folder dalam satu file.

baca juga: Contoh aplikasi freeware, shareware dan open soure.

Nah demikianlah beberapa contoh shareware dan pengertian shareware semoga dapat bermanfaat.

2 thoughts on “Pengertian Shareware dan Contoh Aplikasi Shareware

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *