jenis manfaat vaksin

Yuk Kenali Kandungan, Manfaat, dan Jenis Vaksin

Diposting pada

Badubarco.com – Sewaktu kita kecil dulu, hampir sebagian pernah mendapatkan imunisasi kan dari dinas kesehatan tempat tinggal kita?. Nah itulah salah satu dari pemberian vaksin.

Apa itu Vaksin?

Pengertian vaksin merupakan suatu zat yang memiliki fungsi untuk membentuk kekebalan didalam tubuh kita terhadap sebuah penyakit. Vaksin itu ada banyak jenisnya, manfaatnya juga sangat banyak, terkhusus untuk melindungi tubuh dari serangan virus yang jahat.

Vaksin itu mengandung bakteri, virus penyebab penyakit yang sudah dimatikan. Sehingga, saat dimasukan ke dalam tubuh kita, vaksin dapat merangsang sistem kekebalan tubuh kita untuk membentuk antibodi. Adapun proses pembentukan antibodi ini disebut dengan imunisasi.

Sehingga, ketika orang yang sudah mendapatkan vaksin, dikemudian hari mendapatkan virus atau terpapar virus, tubuhnya secara otoamtis akan membentuk antibodi dengan cepat untuk melawan virus jahat tersebut.

Jenis-Jenis dari Vaksin

Vaksin Hidup

Yang pertama ada vaksin hidup atau vaksin aktif. Dimana vaksin hidup itu mengandung bakteri hidup yang dilemahkan. Bakteri ini tidak akan menyebabkan penyakit, tapi tetap bisa berkembang biak. Nantinya bakteri ini akan merangsang tubuh untuk bereaksi terhadap sistem imun.

Vaksin aktif ini bisa memberikan kekebalan tubuh, bahkan sifat imunnnya seumur hidup, walau hanya diberikan sekali atau dua kali ke tubuh seseorang.

Vaksin Mati

Yang kedua ada vaksin mati atau vaksin tidak aktif. Yaitu vaksin yang mengandung bakteri atau virus yang sudah dimatikan terlebih dahulu dengan suhu yang panas. Proses ini dapat membuat bakteri didalam vaksin tetap utuh, tapi tidak dapat berkembang biak atau menyebarkan penyakit ke dalam tubuh.

Jika dibandingkan dengan vaksin hidup, vaksin ini condrong memberikan kekebalan tubuh yang lemah. Hal ini membuat pemberian vaksin mati harus secara berkala.

Vaksin polio, vaksin DPT adalah salah satu contoh dari vaksin mati tersebut.

Vaksin Toksoid

Merupakan jenis vaksin yang mampu menanangkal efek racun yang disebabkan oleh bakteri yang berbahaya. Contoh dari vaksin ini adalah tetanus toxoid dan vaksin difteri.

Vaksin biositentik

Yaitu vaksin yang mengandung antigen yang diproduksi secara khusus, sehingga menyerupai struktur virus atau bakteri. Vaksin jenis ini mampu memberikan kekebalan tubuh yang kuat terhadap virus atau bakteri tertentu dan dapat digunakan untuk penderita penyakit kronis.

Tentunya ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari proses vaksinisasi ini. Maka dari itu perlulah setidaknya sekali seumur hidup untuk melakukan imunisasi tubuh.

Yuk Vaksin!!

Nah kalau udah baca betapa bermanfaatnya vaksin, pasti dong kalian pingin untuk vaksin, kebetulan saya ada rekomendasi tempat untuk vaksin khusus daerah Medan.

Vaksin medan ini juga merupakan rekomendasi dari Halodoc.com, yang merupakan situs kesehatan besar di Indonesia. Jadi pasti udah terjamin lah.

Sekilas Tentang Halodoc

Halodoc merupakan aplikasi kesehatan di Indonesia, ada beragam fitur yang menarik sekali untuk dicoba, antaranya itu chat sama dokter. Konsultasi dokter, beli obat, dan artikel kesehatan lainnya.

Untuk memudahkan dalam mendapatkan informasi kesehatan, apalagi sekarang masa pandemi, emang sangat cocok banget pake aplikasi halodoc ini. Selain biaya terjangkau, bahkan bisa gratis, halodoc juga sangat mudah untuk digunakan.

Penutup:

Oke mungkin sekian saja artikel kali ini, mengenai pentingnya vaksin, dan rekomendasi tempat vaksin dari Halodoc, semoga daat bermanfaat ya.

Dalam kondisi pandemic seperti sekarang ini, tetap jaga kesehatan ya. Yang ada kegiatan diluar rumah, stay safe, pake maskernya, rajin cuci tangan. Dan yang penting jaga jarak dengan keramaian.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *